simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy, simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy
Panduan Lengkap Proses Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (PKP)
Coretax menjadi salah satu tonggak reformasi administrasi perpajakan yang dibangun untuk menciptakan institusi pajak yang kuat, kredibel, dan akuntabel. Sistem ini didukung teknologi modern, memberikan efisiensi dan transparansi bagi wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajibannya.
Melalui buku manual ini, DJP berharap dapat membantu wajib pajak memahami sistem baru Coretax, sekaligus mendukung suksesnya reformasi perpajakan di Indonesia.
Proses registrasi wajib pajak merupakan langkah awal dalam administrasi perpajakan, bertujuan untuk mencatat data wajib pajak ke dalam Sistem Inti Administrasi Perpajakan (SIAP). Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menerbitkan:
Komponen Proses Registrasi:
Baca juga: Panduan Lengkap Tata Cara Pencabutan Pengukuhan PKP
Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (PKP) adalah langkah pemberian identitas kepada Wajib Pajak (WP) yang memenuhi kriteria tertentu untuk memenuhi kewajiban Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Proses ini meliputi pemberian akses untuk pembuatan faktur pajak dan pelaporan SPT Masa PPN. Pengukuhan PKP dapat dilakukan berdasarkan permohonan atau secara jabatan, masing-masing dengan prosedur yang berbeda.
Wajib Pajak dapat mengajukan permohonan pengukuhan PKP melalui beberapa saluran, seperti Laman DJP, Kring Pajak (Contact Center), atau Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) di kantor pajak. Permohonan juga dapat dilakukan di KPP atau KP2KP manapun tanpa terbatas pada kantor tempat WP terdaftar.
Setelah permohonan diterima, petugas akan memeriksa kelengkapan dokumen. Jika memenuhi syarat, Sistem Inti Administrasi Perpajakan (SIAP) akan mengeluarkan Bukti Penerimaan Surat. Berdasarkan hasil evaluasi risiko menggunakan sistem Compliance Risk Management (CRM), permohonan akan diproses lebih lanjut.
Jika hasil penelitian menyetujui pengukuhan, SIAP akan menerbitkan Surat Pengukuhan PKP dan memberikan akses untuk pembuatan faktur pajak serta pelaporan SPT Masa PPN. Sebaliknya, jika ditolak, SIAP akan mengirimkan Surat Penolakan Pengukuhan PKP.
Pengukuhan PKP secara jabatan dilakukan atas dasar hasil pemeriksaan administrasi atau kegiatan bisnis lain seperti Ekstensifikasi, Pengawasan, dan Pemeriksaan. Hasil dari pemeriksaan ini dapat memutuskan bahwa suatu subjek pajak perlu dikukuhkan sebagai PKP. Jika demikian, SIAP akan secara otomatis menerbitkan Surat Pengukuhan PKP.
Panduan berikut ini menjelaskan langkah-langkah untuk mengajukan permohonan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (PKP) secara online melalui platform Coretax.
Langkah 1: Login ke Coretax
Langkah 2: Akses Dashboard Coretax
Setelah berhasil login, dashboard Coretax akan muncul.
Jika permohonan pengukuhan PKP diajukan atas nama perusahaan atau pihak yang diwakili, ubah peran akses (impersonating) ke pihak tersebut dengan memilih nama Wajib Pajak yang dimaksud.
Langkah 3: Pilih Menu Pengukuhan PKP
Langkah 4: Pengisian Informasi Wajib Pajak
Langkah 5: Pengisian Detil Informasi
Langkah 6: Kirim Permohonan
Langkah 7: Notifikasi Pengiriman Permohonan
Setelah permohonan berhasil terkirim, akan muncul notifikasi konfirmasi. Bukti penerimaan permohonan pengukuhan PKP dapat diunduh melalui tombol Unduh Bukti Tanda Terima.
Langkah 8: Persetujuan atau Penolakan Permohonan
Contact us and we’ll get back to you as soon as possible.
Submit a requestBenar. Kamu bisa menggunakan 🌏 semua meeting room yang ada di semua lokasi.
Apabila kamu sewa office di 📍 MTH Jakarta Timur, kamu bisa menggunakan meeting room di 📍 Gedung BEI SCBD atau di 📍 PIK Jakarta Utara.
Sistem notifikasi kami berbasis ☎️ Whatsapp API.
Kamu akan mendapatkan notifikasi chat WhatsApp secara 💯 real-time, supaya kamu langsung menerima pesan bahwa kami telah menerima surat/tamu pada saat itu juga. 😎😎 Canggih.
Masih ada. 🤭 Kamu juga bisa pakai layanan podcast.
Ruangan podcast yang proper. ⛔️ Ruangan kedap suara, 📸 kamera Sony A6400, 🎙 mic condenser / 📡 mic wireless, 🎛 mixer, ⚡ lighting professional. Semuanya itu bisa digunakan 💯 gratis.
Ada lagi dong 😎. Setiap 📄 virtual office agreement akan diberikan QR Code.
QR Code yang bisa di scan di setiap 📄 virtual office agreement.
Dengan demikian setiap penyewa dapat melakukan verifikasi dengan melakukan 🔍 scan QR Code untuk menghindari terjadinya 🧛🏼♂️ pemalsuan.
Legaldot memiliki aggregate rating 4.7 dari 5. Kami berkomitmen untuk memberikan Layanan Legal 4.0 yang terbaik.
simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy, simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy
simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy, simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy
simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy, simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy
simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy, simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy
simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy, simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy
simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy, simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy